Sudah pengen dari bulan lalu sebenarnya. Tapi...


bulan ini, saya ingin merilis AyaPingPing 2.0 dengan segenap kerendahan hati. Versi 2.0 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya (1.0)—yang ternyata masih memiliki banyak kekurangan yang harus segera diperbaiki. AyaPingPing sendiri merupakan framework yang saya bangun dengan kesadaran terhadap "Performa & Keamanan". Jadi, fokus dari framework ini adalah menghasilkan aplikasi/service dengan keamanan yang tinggi dan performa yang cepat. Untuk itu, diperlukan perombakan besar-besaran terhadap versi sebelumnya. Soalnya, menurut info dari para Core/Backend Developer di tempat kerja saya yang menggunakan AyaPingPing 1.0, ada banyak sekali issue terkait keamanan, ada banyak celah, performa yang nggak terlalu cepat-cepat amat, dan sebagainya.

Mendengar hal-hal tersebut, saya tentu saja, tidak bisa tidur.


siluet pengerjaan pra-release



Sekelebat tentang framework ini,

AyaPingPing adalah framework yang saya bangun dengan fokus "Performa & Keamanan". AyaPingPing menerapkan struktur coding yang simple, efisien, maintainable, sehingga menghasilkan performa aplikasi yang cepat—karena AyaPingPing juga memperhatikan bagaimana pemanfaatan resource CPU/RAM yang baik dan benar. Selain performa yang cepat, tentunya AyaPingPing juga aman, secure—karena dilengkapi dengan mekanisme keamanan terbaik dan modul-modul pendukung yang up to date.


Awal mula kepikiran ide.

Sebagai seorang Developer/Programmer, terutama Backend, saya sudah melihat dan mengamati banyak project kerjaan orang lain. Masalahnya cuman satu, masing-masing orang punya style coding berbeda-beda. Jika saya—katakanlah—dalam sebuah kondisi harus terjun meneruskan hasil kerjaan orang lain tersebut, maka saya akan merasa kesulitan memahami alur logika & algoritma dari masing-masing Dia. Tidak adanya standart koding membuat kami tidak bisa saling berdaptasi antara satu sama lain. Nah, dari sinilah saya mulai membangun sebuah standart—untuk dipaksakan pada rekan-rekan kerja saya—sehingga kami bisa saling beradaptasi terhadap setiap kodingan.


Kenapa namanya AyaPingPing?

Bukan apa-apa sih, sejarah dan nama terinspirasi dari video ini; Sama sekali tidak ada maksud atau itikad buruk. (semoga video nya belum dihapus)



AyaPingPing yang sekarang ada, hanya tersedia untuk NodeJS, karena di tempat kerja saya memang menggunakan NodeJS. Nanti kedepannya, saya akan membuat AyaPingPing bukan hanya framework untuk NodeJS saja, tapi untuk bahasa pemrograman yang lain juga. Mungkin untuk NodeJS, nanti penyebutannya ganti jadi AyaPingPingJS.


AyaPingPing belum saya open untuk public, masih sebatas environment untuk kantor saja. Di versi 2.0 nanti, baru akan saya open. Tujuannya adalah agar masyarakat luas bisa menggunakan, dan yang lebih penting, mengharapkan feedback serta kontribusi dari kalian agar AyaPingPing bisa terus berkembang menjadi semakin lebih baik.


Saya juga berencana mengantarkan AyaPingPing untuk keluar dari ruang lingkup environment, atau segala keterkaitan dengan tempat kerja saya, supaya eskalasinya bisa lebih besar.




Tunggu rilisnya,
Terima kasih,