Article cover image

macos-disk-not-ejected-properly

Di MacOS, hardisk external saya pada saat dia tidak ke eject secara benar pasti akan menjadi read-only ketika saya koneksikan lagi. Bahkan kadang malah ga ke detect (unmounted).

Untuk mengatasinya, maka saya perlu repair disk nya. Pertama saya koneksikan disk external nya, kemudian mencari process id atau pidexternal disk nya dengan perintah:

ps aux | grep fsck

macos-get-disk-pid

Setelah itu, kill proses nya.

sudo kill -9 pid

macos-kill-pid

Proses disk yang berjalan diatas sebenarnya adalah conflict process dari piddisk lama sebelum dia ke eject. Karena conflict, maka di background mencoba untuk membentuk 2 pid atas 1 koneksi external disk yang sama. Jadi, perlu di matikan dulu yang lama.

Kalau muncul pesan seperti ini,

macos-disk-repair-error-notice

klik ok saja. Biasanya kalau external disk saya tidak ke detect, setelah proses killpid tadi maka external disk akan otomatis ke mount. Hal ini dikarenakan pid yang conflict tadi sudah dihapus, sehingga pid asli dari disk yang sedang connect sekarang bisa berjalan.

Terakhir adalah repair disk. Saya biasanya menggunakan aplikasi defaultDisk Utility. Sebelum di repair, saya unmount dulu semua partisinya.

macos-disk-repair-disk

Setelah itu, tinggal menunggu selesai. Apabila proses repair selesai, saya cabut dan koneksikan kembali external disk nya. Sudah normal.

Sumpah, ini annoying sekali. Masalahnya hardisk external saya isinya banyak dan pas repair lama banget. C'mon Apple!

Change logs.
  • Saturday 12:24 AM, July 25 2020 | "fixed tags mechanism"
  • Friday 11:39 PM, July 24 2020 | "change some scripts"